Manajemen Pembelajaran di Sanggar Belajar Sejati Desa Jatiurip

Authors

  • Dewi Masfufah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan
  • Ainol Ainol Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan
  • Poppy Rachman Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5577

Abstract

Lembaga pendidikan yang dilandaskan dengan manajemen teratur dan baik. agar mencapai tujuan yang diinginkan harus memastikan tahapan-tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Inti dari manajemen yang baik berasal dari manajer atau pemimpin yang baik, bertanggungjawab, dan professional. Seorang manajer mengatur para staff dan karyawan yang dirangkul untuk memenuhi aspek-aspek manajemen. Aspek-aspek manajemen ini juga harus dilaksanakan dalam pembelajaran. pembelajaran juga membutuhkan suatu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mencapai proram pembelajaran yang bisa membuat perubahan atau dampak bagi pelaku pembelajaran. pembelajaran merupakan proses perubahan dari pelaku pembelajaran mulai  dari kepribadian, kepandaian, kecakapan, sikap, kebiasaan, dan keterampilan.  Perubahan ini merupakan hasil yang didapatkan dari proses pembelajaran. pembelajaran tidak hanya dilakukan disekolah dan tempat formal saja tetapi pembelajaran juga terdapat di pendidikan non-formal. Yang dimaksud dengan pendidikan non-formal adalah pendidikan yang dikerjakan oleh semua orang dengan tanpa batasan usia, bertempat diluar kelas, dan waktu yang bebas. Sanggar Belajar termasuk pendidikan non-formal yang dibentuk oleh organisasi desa Jatiurip. Dalam artikel ini, peneliti memilih menggunakan metode kualitatif yangmana penelitian ini bukan berupa angka atau table melainkan berupa analisis deskriptif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara kepada pihak pendukung dan pihak terkait, dan dokumentasi.  Peneliti juga melakukan pra-observasi yang dilakukan dengan mengunjungi lokasi penelitian dan turut serta mengikuti kegiatan yang ada ditempat penelitian. Setelah itu peneliti melakukan wawancara kepada pihak terkait guna menanyakan data yang kongkret dan aktual guna sebagai bahan dasar penelitian. Kemudian dari data yang diperoleh hasil pra-obervasi, peneliti juga melakukan dokumentasi untuk menghasilkan data yang benar dan kongkret. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa manajemen pembelajaran di Sanggar Belajar Sejati Desa Jatiurip melaksanakan aspek-aspek manajemen seperti perencanaan yang dilakukan sebelum kegiatan berlangsung, melaksanaan kegiatan pembelajaran dengan apa yang direncanakan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan ketika kegiatan berakhir dengan memusyawahkan apa saja kelebihan dan kekurang dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Masfufah, . D. ., Ainol, A., & Rachman, P. . (2022). Manajemen Pembelajaran di Sanggar Belajar Sejati Desa Jatiurip. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1624–1629. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5577

Most read articles by the same author(s)