Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karaktersiswa di Mts Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5631Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi manajerial kepala madrasah untuk membentuk karakter siswa MTs Kholafiah Hasaniyah, termasuk perencanaan dan pelaksanaannya, sehingga pembentukan karakter siswa MTs Kholafiah Hasaniyah dapat tercapai? sedangkan maksud dari penelitian ini yaitu menggambarkan bagaimana alur perencanaan serta implementasi madrasah untuk menyelenggarakan program pembentukan karakter siswa di MTs Kholafiah Hasaniyah. Dalam hal peneliti menggunakan dengan metode deskriptif kualitatif, melalui pendekatan study kasus. Selanjutnya dalam mengumpulkan data yang relevan maka digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses menganalisa data menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pengungkapan, serta mengambil kesimpulan atau verifikasi. Adapun verifikasi keabsahan hasil didapatkan melalui diskusi bersama teman sejawat, menggunakan triangulasi sumber data, observasi cermat dan kecukupan referensi. Hasil dari penelitian menunjukkan jika proses manajerial kepala madrasah di MTs Kholafiah Hasaniyah dalam membentuk karakter siswa, dilaksanakan melalui fungsi manajemen, yaitu perencanaan program kegiatan pembentukan karakter siswa di madrasah, dan pelaksanaannya melalui implementasi dari hasil perencanaan program kegiatan dimadrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi manajerial kepala madrasah untuk membentuk karakter siswa MTs Kholafiah Hasaniyah, termasuk perencanaan dan pelaksanaannya, sehingga pembentukan karakter siswa MTs Kholafiah Hasaniyah dapat tercapai? sedangkan maksud dari penelitian ini yaitu menggambarkan bagaimana alur perencanaan serta implementasi madrasah untuk menyelenggarakan program pembentukan karakter siswa di MTs Kholafiah Hasaniyah. Dalam hal peneliti menggunakan dengan metode deskriptif kualitatif, melalui pendekatan study kasus. Selanjutnya dalam mengumpulkan data yang relevan maka digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses menganalisa data menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pengungkapan, serta mengambil kesimpulan atau verifikasi. Adapun verifikasi keabsahan hasil didapatkan melalui diskusi bersama teman sejawat, menggunakan triangulasi sumber data, observasi cermat dan kecukupan referensi. Hasil dari penelitian menunjukkan jika proses manajerial kepala madrasah di MTs Kholafiah Hasaniyah dalam membentuk karakter siswa, dilaksanakan melalui fungsi manajemen, yaitu perencanaan program kegiatan pembentukan karakter siswa di madrasah, dan pelaksanaannya melalui implementasi dari hasil perencanaan program kegiatan dimadrasah.Downloads
Published
2022-07-24
How to Cite
Hidayati, . N. ., Ainol, A., & Komar, A. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karaktersiswa di Mts Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1908–1913. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5631
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Hidayati, Ainol, Abdul Komar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).