Analisis Kepuasan Layanan Akademik Mahasiswa Fakultas Soshum dan Pendidikan Universitas Haji Sumut

Authors

  • Wiwik Lestari Universitas Haji Sumatera Utara
  • Nurliana Nurliana Institut Teknologi Sawit
  • Suwanto Suwanto Universitas Haji Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan akademik mahasiswa Fakultas Soshum dan Pendidikan (FSP) Universitas Haji Sumatera Utara (UNHAJ). Oleh karena itu variabel yang digunakan kepuasan mahasiswa dan populasi mahasiswa FSP Tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 51 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan layananan akademik mahasiswa dengan indikator, kehandalan, kepastian, empati, daya tangkap dan sarpras. Namun untuk mendukung data dan kevalidan data instrument wawancara juga dilakukan kepada beberapa responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah. Hasil yang diperoleh dari analisis indeks kepuasan layanan akademik mahasiswa FSP pada kategori puas. Namun pada beberapa komponen kepuasan layanan akademik mahasiswa kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness) dan kepastian (assurance) berkategori sangat puas. Sedangkan komponen daya dukung sarpras (tangible) dan komponen empati (empaty) berkategori puas. Kelemahan kedua komponen ini dikarenakan umur FSP yang masih baru dan UNHAJ yang sedang melakukan relokasi dan renovasi gedung. Disamping itu gempuran Covid-19 menguji kesiapan FSP menyelenggarakan pendidikan dengan sistem daring yang kurang sempurna membuat fokus FSP terbagi. Perbaikan yang harus dilakukan FSP diantaranya memperhatikan daya dukung sarpras dan menambah sumber beasiswa eksternal serta responsive terhadap tugas-tugas mahasiswa.

Downloads

Published

2022-07-19

How to Cite

Lestari, W. ., Nurliana, N., & Suwanto, S. (2022). Analisis Kepuasan Layanan Akademik Mahasiswa Fakultas Soshum dan Pendidikan Universitas Haji Sumut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1333–1341. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5476