Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Shailendra Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5466Abstract
Kesulitan yang sering terjadi dalam menulis teks biografi adalah kesulitan memahami struktur dan kebahasaan teks biografi serta kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai riwayat hidup seorang tokoh. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Shailendra Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Shailendra Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperimen dengan posttest control design serta jumlah populasi penelitiannya 50 siswa dan sampel penelitiannya 50 siswa (25 dari kelas X IPA 1 dan 25 dari kelas X IPA 2). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes akhir essay menulis teks biografi. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa bahwa skor rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 66,66 dan skor rata-rata siswa kelas kontrol adalah 54,05. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,611 > 1,677. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Artinya hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang siginifikan model project based learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Shailendra Palembang.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Gaupati, P. A. ., Nufus, H. ., & Agustina, J. . (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Shailendra Palembang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1374–1378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5466
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Amelia Gaupati, Hayatun Nufus, Juaidah Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).