Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Shailendra Palembang

Authors

  • Putri Amelia Gaupati Universitas PGRI Palembang
  • Hayatun Nufus Universitas PGRI Palembang
  • Juaidah Agustina Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5466

Abstract

Kesulitan yang sering terjadi dalam menulis teks biografi adalah kesulitan memahami struktur dan kebahasaan teks biografi serta kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai riwayat hidup seorang tokoh. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Shailendra Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Shailendra Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperimen dengan posttest control design serta jumlah populasi penelitiannya 50 siswa dan sampel penelitiannya 50 siswa (25 dari kelas X IPA 1 dan 25 dari kelas X IPA 2). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes akhir essay menulis teks biografi. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa bahwa skor rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 66,66 dan skor rata-rata siswa kelas kontrol adalah 54,05. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel  yaitu 6,611 > 1,677. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Artinya hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang siginifikan model project based learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Shailendra Palembang.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Gaupati, P. A. ., Nufus, H. ., & Agustina, J. . (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Shailendra Palembang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1374–1378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5466