Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (Savi) Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Palembang

Authors

  • Veranica Rizki Anugrah Universitas PGRI Palembang
  • Juaidah Agustina Universitas PGRI Palembang
  • Hayatun Nufus Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan menyimak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design eksperimen Posttest-Only Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI di SMA PGRI 2 PALEMBANG. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu XI IPS 4 kelas eksperimen dan XI IPS 2 kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-T dengan taraf kesukaran 0,05 (5%). Dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai Sig. 0.003 < 0.05 (5%) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Diperoleh kesimpulan (1) Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) memberi hasil menyimak yang meningkat dan berpengaruh signifikan. (2) Setelah perlakuan diberikan terdapat perbedaan hasil belajar yang lebih tinggi yaitu 76,24 dan kelas kontrol memiliki hasil belajar yang lebih rendah yaitu 68,57.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Anugrah, V. R. ., Agustina, J. ., & Nufus, H. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (Savi) Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5616–5619. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14531