Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (Savi) Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14531Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan menyimak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design eksperimen Posttest-Only Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI di SMA PGRI 2 PALEMBANG. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu XI IPS 4 kelas eksperimen dan XI IPS 2 kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-T dengan taraf kesukaran 0,05 (5%). Dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai Sig. 0.003 < 0.05 (5%) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Diperoleh kesimpulan (1) Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) memberi hasil menyimak yang meningkat dan berpengaruh signifikan. (2) Setelah perlakuan diberikan terdapat perbedaan hasil belajar yang lebih tinggi yaitu 76,24 dan kelas kontrol memiliki hasil belajar yang lebih rendah yaitu 68,57.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Anugrah, V. R. ., Agustina, J. ., & Nufus, H. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (Savi) Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5616–5619. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14531
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Veranica Rizki Anugrah, Juaidah Agustina, Hayatun Nufus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).