Analisis Keterampilan Menulis Iklan Menggunakan Metode Point Counter Point Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 10 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5422Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data, dimana data yang sudah dikumpulkan akan dianalisis lagi dan tujuan menganalisis ini untuk mengetahui aktivitas dan keterampilan menulis iklan siswa kelas V yang dapat dilihat dari kriteria penulisan iklan. Pada penelitian ini teknik penggumpulan datanya dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan metode pembelajaran Point Counter Point ini sangat membantu siswa lebih memahami materi pembelajaran, meningkatkan keaktifan dan interaktif siswa dalam mengemukakan pendapat sehingga dapat memicu semangat siswa dalam belajar. Hasil dari penelitian ini menemukan informasi bahwa penggunaan metode Point Counter Point dalam keterampilan menulis iklan dilihat dari kesesuaian dengan isi teks, pemilihan kalimat yang tepat, kerapian teks dan penggunaan bahasa yang bersifat persuasif sehingga dianggap salah satu metode pembelajaran yang efektif digunakan pada pembelajaran dikelas, hal ini dibuktikan dari beberapa siswa mendapatkan nilai rata-rata 85 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Keterampilan menulis, Pembelajaran iklan, Metode PCP.Downloads
Published
2022-07-17
How to Cite
Rusmayanti, D., Nuzulia, D. ., & Murjainah, M. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Iklan Menggunakan Metode Point Counter Point Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1195–1202. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5422
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Deah Rusmayanti, Dian Nuzulia, Murjainah Murjainah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).