Analisis Keterampilan Menulis Iklan Menggunakan Metode Point Counter Point Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 10 Palembang

Authors

  • Deah Rusmayanti Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Universitas PGRI Palembang
  • Murjainah Murjainah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data, dimana data yang sudah dikumpulkan akan dianalisis lagi dan tujuan menganalisis ini untuk mengetahui aktivitas dan keterampilan menulis iklan siswa kelas V yang dapat dilihat dari kriteria penulisan iklan. Pada penelitian ini teknik penggumpulan datanya dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan metode pembelajaran Point Counter Point ini sangat membantu siswa lebih memahami materi pembelajaran, meningkatkan keaktifan dan interaktif siswa dalam mengemukakan pendapat sehingga dapat memicu semangat siswa dalam belajar. Hasil dari penelitian ini menemukan informasi bahwa penggunaan metode Point Counter Point dalam keterampilan menulis iklan dilihat dari kesesuaian dengan isi teks, pemilihan kalimat yang tepat, kerapian teks dan penggunaan bahasa yang bersifat persuasif sehingga dianggap salah satu metode pembelajaran yang efektif digunakan pada pembelajaran dikelas, hal ini dibuktikan dari beberapa siswa mendapatkan nilai rata-rata 85 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Keterampilan menulis, Pembelajaran iklan, Metode PCP.

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Rusmayanti, D., Nuzulia, D. ., & Murjainah, M. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Iklan Menggunakan Metode Point Counter Point Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1195–1202. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5422