Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Belajar Membaca pada Siswa Kelas I SD Negeri 138 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5405Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap belajar membaca siswa kelas 1 SD Negeri 138 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas 1A-1C. Instrumen penelitian ini berupa tes membaca gambar yang disertai suku kata. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest data tersebut berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai T_(hitung )= 12,879 sedangkan T_(tabel )= 1,695. Nilai T_(hitung ) lebih besar dari T_(tabel ) (12,879 > 1,695) sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap belajar membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri 138 Palembang.Downloads
Published
2022-07-16
How to Cite
Anjanie, G. ., Destiniar, . D., & Murjainah, M. (2022). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Belajar Membaca pada Siswa Kelas I SD Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1124–1131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5405
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gevhy Anjanie, Destiniar Destiniar, Murjainah Murjainah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).