Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD Padmajaya Palembang

Authors

  • May Sapitri Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5413

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat kemampuan membaca dan menulis permulaan serta upaya untuk mengatasi faktor penghambat kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas II SD Padmajaya Palembang. Metode yang digunakan peneliti ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan wawancara yang dilakukan di SD Padmajaya Palembang yang terdiri dari 21 siswa sedangkan yang menjadi objek utama dalam penelitian ini ialah tiga siswa yang benar-benar mengalami masalah dalam membaca dan menulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini bahwa faktor penghambat kemampuan membaca dan menulis permulaan di SD Padmajaya Palembang ialah faktor internal dan eksternal. Faktor internal faktor yang berasal dari dalam diri anak itu sendiri seperti: malas belajar, lebih sering bermain gadget dan bermain bersama teman-temannya dibandingkan belajar, kurang percaya diri, sedangkan faktor eksternal faktor yang berasal dari luar diri anak seperti: faktor dari keluarga dirumah yang kurang memberikan perhatian, masih ada yang tidak mengikuti jenjang taman kanak-kanak (TK), orang tua sibuk dengan pekerjaan dibandingkan menanyakan kemampuan anak disekolah.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Sapitri, M. ., Misdalina, M. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD Padmajaya Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1160–1165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5413