Upaya Meningkatkan Kedisplinan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Kelas VII J SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Richa Cahyani Hidayat Universitas Ahmad Dahlan
  • Irvan Budhi Handaka Universitas Ahmad Dahlan
  • Aprilia Setyowati Universitas Ahmad Dahlan
  • Nurbowo Budi Utomo SMPN 15 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5367

Abstract

Penelitianini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK).Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik permainan . Subjek penelitian yaitu siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta kelas VII J pada semester genap. Metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Angket Kedisiplinan Belajar. Analisis data menggunakan membandingkan nilai rata-rata siklus I dengan siklus II. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian pretest berada dalam kategori rendah sebesar 88,89%, dengan skor rata-rata sebesar 83,56, kemudian pada siklus II (posttest) berada dalam kategori sedang sebesar 100,0%, dengan skor rata-rata sebesar 109,67. Berdasarkan hasil observasi, respon dan aktivitas siswa pada siklus I berada dalam kategori kurang sebesar 66,7% sedangkan pada siklus II berada dalam kategori baik sebesar 66,7% Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan Ada Peningkatan Kedisplinan Belajar Pada Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi pada Siswa Kelas VII J SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Hidayat, R. C. ., Handaka, I. B. ., Setyowati, A. ., & Utomo, N. B. . (2022). Upaya Meningkatkan Kedisplinan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Kelas VII J SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 945–950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5367