Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Yessy Ary Estiani Sutopo Universitas Ahmad Dahlan
  • Irvan Budhi Handaka Universitas Ahmad Dahlan
  • Aprilia Setyowati Universitas Ahmad Dahlan
  • Nurbowo Budi Utomo SMP Negeri 15 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5193

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan klasikal dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Subjek penelitian ini kelas X SMAN 1 Seputih Raman. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Tahap-tahap dalam Penelitian tindakan terdiri atas empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket kemandirian belajar. Peneliti menganalisis data penelitian tindakan bimbingan dan konseling melalui analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan Peningkatan sebesar 66.40 %.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Yessy Ary Estiani Sutopo, Handaka, I. B. ., Setyowati, A., & Utomo, N. B. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Ajaran 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 191–199. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5193