Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5193Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan klasikal dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Subjek penelitian ini kelas X SMAN 1 Seputih Raman. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Tahap-tahap dalam Penelitian tindakan terdiri atas empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket kemandirian belajar. Peneliti menganalisis data penelitian tindakan bimbingan dan konseling melalui analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan Peningkatan sebesar 66.40 %.Downloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Yessy Ary Estiani Sutopo, Handaka, I. B. ., Setyowati, A., & Utomo, N. B. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Ajaran 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 191–199. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5193
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yessy Ary Estiani Sutopo, Irvan Budhi Handaka, Aprilia Setyowati, Nurbowo Budi Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









