Pengembangan LKPD Interaktif berbasis Saintifik pada Materi Organ Gerak Hewan Muatan IPA Siswa Kelas V SDN 1 Dauh Peken Tabanan

Authors

  • I Putu Aditya Purwadinata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5349

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun LKPD interaktif berbasis saintifik pada muatan IPA, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan LKPD interaktif berbasis saintifik pada muatan IPA, (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan LKPD interaktif berbasis saintifik pada muatan IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, angket/kuesioner, dan tes dengan analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun pengembangan LKPD interaktif berbasis saintifik pada muatan IPA melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) LKPD interaktif berbasis saintifik dikatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi/materi pelajaran sebesa 85,42%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 90,63, uji ahli media pembelajaran sebesar 90%, uji coba perorangan sebesar 95%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,5%, dan uji coba lapangan sebesar 91,42% (3) berdasarkan hasil uji-t sampel berkorelasi diperoleh bahawa nilai thitung = 21,297 sedangkan nilai ttabel = 2,028 dengan taraf signifikan 5%. Berarti nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD interaktif berbasis saintifik efektif diterapkan pada materi organ gerak hewan pada muatan IPA di kelas V SD Negeri 1 Dauh Peken Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Purwadinata, I. P. A. ., & Wiyasa, I. K. N. . (2022). Pengembangan LKPD Interaktif berbasis Saintifik pada Materi Organ Gerak Hewan Muatan IPA Siswa Kelas V SDN 1 Dauh Peken Tabanan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 881–885. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5349