Pengembangan Media Komik Berbasis Powerpoint Pada Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4530Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh dasar permasalahan yang terdapat pada proses kegiatan pembelajaran, khususnya pada media yang digunakan saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun dan validitas media komik berbasis powerpoint pada Subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup khususnya pada pembelajaran 1. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data memperoleh hasil sebagai berikut. Ahli isi muatan pelajaran Tematik memperoleh persentase 97.5% dengan kualifikasi sangat baik, Ahli desain instruksional memperoleh persentase 90,6% dengan kualifikasi sangat baik, Ahli media pembelajaran memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 94,1% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 93,05%. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran), hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa produk media komik berbasis powerpoint ini layak digunakan pada pembelajaran muatan Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup pada pembelajaran 1 kelas III SD Negeri 1 Keliki. Kata Kunci: Media Komik, PowerpointDownloads
Published
2022-06-05
How to Cite
Yoga, I. W. S. ., Wiyasa, I. K. N. ., & Putra, D. K. N. S. . (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Powerpoint Pada Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 785–792. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4530
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Wayan Sumerta Yoga, I Komang Ngurah Wiyasa, D.B. Kt. Ngr. Semara Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).