Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Workshop

Authors

  • Rika Damayanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yulia Sri Utami 292019035@student.uksw.edu
  • Yan Soma Kasih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yonathan Daniel Sampe Bangun Universitas Kristen Satya Wacana
  • Friska Andriani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Mawardi Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5227

Abstract

Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  merupakan instrumen awal yang perlu dirancang oleh guru sebagai acuan dalam melaksanakan sebuah pembelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. Berdasarkan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri dari identitas, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, sumber pembelajaran, penilaian, dan remedial. Melalui penelitian magang 2 (dua) kompetensi guru dalam menyusun instrumen pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar belum maksimal atau masih tergolong rendah. Sebagai akibat dari kurangnya pengetahuan guru tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang disebabkan kurangnya literasi guru dalam perkembangan pendidikan khususnya penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada dasarnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sendiri merupakan tugas pokok dari guru, karena ketidakcakapannya dalam merancang guru memilih jalan pintas dengan mengunduh di internet atau membeli RPP yang sudah jadi. Dari kebiasaan ini guru menyepelekan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yang seharusnya menjadi kompetensi yang harus dikuasai guru. Dengan adanya workshop yang diselenggarakan melalui sekolah, koordinator wilayah, dan dinas pendidikan diharapkan mampu mengedukasi guru untuk lebih menguasai perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Melalui workshop agar output yang diharapkan dapat terpantau, perlunya dilakukan supervisi terhadap guru yang sudah mengikuti workshop Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), melalui supervisi ini sekaligus bisa dijadikan indikator apakah afektif  pelatihan ini dilakukan terhadap guru.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Damayanti, . . R. ., Utami, Y. S. ., Kasih, Y. S., Bangun, Y. D. S., Andriani, F. ., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Workshop. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 333–337. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5227

Most read articles by the same author(s)