Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Siswa SD dalam Membaca Al-Qur’an di Yayasan Sabilul Khayr Al Ibana
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5179Abstract
Adapun hal yang menjadi tujuan utama pada penelitian ini dilakukan yaitu sebagai menambah ilmu pengetahuan serta wawasan mengenai suatu permasalahan yang dirasakan peserta didik atau murid ketika mempelajari Al-Qur'an serta cara-cara atau teknik yang diterapkan oleh pendidik (ustadz/ustadzah),dalam membaca Al-Qur'an untuk mengatasipasi hal tersebut, Penelitian ini dilaksanakan dengan suatu pendekatan kualitatif. Sumber-sumber data yang diperoleh tidak berdasarkan banyak jumlahnya, melainkan didasarkan oleh proses pengumpulan sejumlah sumber. Perihal data-data atau sumber penelitian walaupun tidak memiliki batasan, pengamuklasian sumber penelitian ini dilaksanakan pada Yayasan Sabilul Khayr Al-Ibana. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan-kesulitan siswa-siswi dalam belajar membaca Al-Qur’an. Adapun kemungkinan faktor-faktor penyebab hal tersebut: anak didik kesulitan untuk tetap fokus atau berkonsentrasi, daya tangkap anak didik berbeda-beda; anak didik yang tidak memiliki bakat atau kurang belajar dalam mengatur suara, faktor usia yang menyebabkan intonasi ataupun pengucapan huruf kurang jelas. Adapun upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an tersebut dengan mengkonidisikan anak didik dalam pemahamannya. Karena, setiap anak tentulah berbeda cara pemahaman dan pengucapan hurufnya. Memberikan kosakata Bahasa Arab yang merupakan tindak lanjut untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan jelas, memberikan pengulangan atas anak didik yang belum paham hingga ia bisa lanjut ke tahap selanjutnya.Downloads
Published
2022-07-03
How to Cite
Adelia, M. ., Armila, D. ., Syaifullah, M. ., Putri, R. M. ., & Annisa, E. . (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Siswa SD dalam Membaca Al-Qur’an di Yayasan Sabilul Khayr Al Ibana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 124–131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5179
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meisya Adelia, Devi Armila, Muhammad Syaifullah, Rabitha Minfadlih Putri, Elli Annisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).