Strategi Komunikasi dalam Membangun Kepedulian Masyarakat terhadap Lingkungan (Studi Kasus: Kelurahan Koto Lalang Bandar Buat Kota Padang)

Authors

  • Novia Indriani Universitas Negeri Padang
  • Susi Evanita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4963

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang limbah rumah tangga pada saluran drainase (parit) di Koto Lalang Bandar Buat Padang. Metode perencanaan dan strategi komunikasi yang digunakan meliputi tujuan komunikasi, karakteristik target sasaran, pesan, komunikator, media, waktu dan evaluasi. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi dan strategi komunikasi dengan menggunakan model komunikasi persuasif serta komunikasi massa. Komunikasi persuasif dilakukan dengan memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah serta pentingnya menjaga kebersihan sepanjang saluran drainase/parit di kelurahan Koto Lalang Bandar Buat.  Strategi komunikasi massa yang telah dilakukan melalui pemasangan spanduk yang tujuannya seluruh masyarakat peduli terhadap lingkungan agar tetap bersih. Hasil dari program strategi komunikasi yang peneliti gunakan dilapangan, dengan komunikasi persuasif maupun komunikasi massa sangat efektif dan efisien dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang limbah rumah tangganya disaluran drainase/parit di Kelurahan Koto Lalang Bandar Buat.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Indriani, N. ., & Evanita, S. . (2022). Strategi Komunikasi dalam Membangun Kepedulian Masyarakat terhadap Lingkungan (Studi Kasus: Kelurahan Koto Lalang Bandar Buat Kota Padang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1798–1805. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4963