Strategi Komunikasi Persuasif Hemat Air dan Energi dalam Mewujudkan Hotel Ramah Lingkungan

Authors

  • M. Yasrin Syahputra Universitas Negeri Padang
  • Susi Evanita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4960

Abstract

Komunikasi merupakan sebuah kebutuhan yang tak terelakkan dalam interaksi kehidupan manusia. Dalam melakukan komunikasi diperlukan komunikasi yang efektif sehingga apa yang diharapkan oleh komunikator kepada komunikan akan dapat tercapai. Komunikasi persuasive adalah salah satu model komunikasi yang bermaksud memberikan pengetahuan serta merubah prilaku komunikan.Tujuan penelitian ini adalah menemukan teknik komunikasi persuasive dan media yang tepat dalam mengkampanyekan hemat air dan energy kepada tamu hotel. Ini diperlukan mengingat dalam mewujudkan komunikasi persuasive terdapat banyak metode yang dapat diterapkan dengan kelebihan dan kekurangannya. Melalui komunikasi persuasive yang efektif untuk hemat air dan energy diharapkan akan dapat mewujudkan hotel ramah lingkungan atau hotel hijau. Hasil penelitian adalah stretegi komunikasi persuasive yang tepat dalam mengkampanyekan hemat air dan energy ini adalah dengan menggunakan media dalam bentuk verbal dengan bahasa tertulis menggunakan leaflet dan penyampaian pesan berupa himbauan berbentuk motivasional appeal

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Syahputra, M. Y. ., & Evanita, S. . (2022). Strategi Komunikasi Persuasif Hemat Air dan Energi dalam Mewujudkan Hotel Ramah Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1766–1776. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4960