Upaya Meningkatkan Perilaku Senyum Anak Usia Dini Melalui Permainan Di RA

Authors

  • Swandari Purnama Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Intan Puspita Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adawiyah Barus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nisafira Yulianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4753

Abstract

RA/PAUD menjadi sangat penting mengingat potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada rentang usia ini. Pembelajaran pada RA/PAUD adalah proses pembelajaran yang dilakukan melalui bermain. Tetapi fenomena yang terjadi pada lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini sangat miris menyedihkan. Kuantitas lembaga pendidikan anak usia dini telah menjamur. Namun kualitasnya masih jauh dari prinsip-prinsip pembelajaran AUD. Salah satunya program pembelajaran yang jauh dari kegiatan bermain dan lebih bersifat monoton. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran upaya meningkatkan perilaku senyum anak usia dini pada RA/PAUD melalui permainan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah Melalui kegiatan bermain anak akan merasakan berbagai pengalaman emosi antara lain: senang, sedih, bergairah, kecewa, bangga, marah dan sebagainya. Adapun permainan yang (sebagai upaya) meningkatkan perilaku senyum pada anak usia dini di RA/PAUD adalah: Permainan Senyum Dulu, yang kusuka dan dia suka, tebak wajah, suara sedih atau senang, dan permainan pasanganku.

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Ningsih, S. P. ., Sari, I. P. ., Barus, A. ., Yulianti, N. ., & Khadijah, K. (2022). Upaya Meningkatkan Perilaku Senyum Anak Usia Dini Melalui Permainan Di RA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1202–1212. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4753

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>