Problematika Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Kelas XII SMAN 1 Bantan Tahun Ajarann 2020/2021

Authors

  • Dina Roza Univeristas Riau
  • Bedriati Ibrahim Universitas Riau
  • Suroyo Suroyo Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4723

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan pembelajaran yang dilakukan secara virtual tanpa adanya pertemuan didalam kelas. Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu proses pembelajaran alternatif dimasa pandemi covid-19. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan, probematika, serta upaya yang dilakukan guru sejarah dalam meningkatkan proses pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung serta dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru bidang studi pendidikan sejarah dengan teknik analisis dimaulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran secara daring guru memanfaatkan media pembelajaran Zoom dan Google Classroom. Selama kegiatan belajar mengajar secara daring tentu terdapat kendala dan hambat yang dialami oleh guru dan peserta didik seperti: 1) keterbatasan sarana dan prasarana 2) guru kesulitan berkomunikasi 4) timbulnya rasa jenuh 5) peserta didik kurang aktif dan berkerja 6) serta longgarnya kedisplinan selama pembelajaran jarak jauh. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar secara daring tentu harus ada upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala dan hambatan untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi lebih baik dan efektif.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Roza, D., Ibrahim, . B. ., & Suroyo, S. (2022). Problematika Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Kelas XII SMAN 1 Bantan Tahun Ajarann 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1122–1129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4723