Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Pada Materi Pecahan Muatan Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang

Authors

  • I Dewa Putu Satria Jaya Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4704

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun LKPD berbasis Problem Solving pada materi pecahan muatan matematika pada siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis Problem Solving pada materi pecahan muatan Matematika siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE karena langkah-langkahnya disusun secara terstruktur dengan langkah-langkah kegiatan yang sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah LKPD, meliputi hasil: (a) rancang bangun LKPD berbasis Problem Solving terdiri dari cover, Kopetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, uraian materi pecahan, langkah-langkah penyelesaian dan latihan soal. Rancang bangun LKPD ini berbantuan Microsoft Word. mendapatkan penilaian dari ahli memperoleh persentase sebesar 100,00% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji coba produk meliputi: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%, dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,00%, dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 90,00%, dengan kualifikasi sangat baik. (5) hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 91,88% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Solving pada muatan materi pecahan layak digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Solving, Pecahan, Matematika

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Kusuma, I. D. P. S. J. ., & Wiarta, I. W. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Pada Materi Pecahan Muatan Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1160–1165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4704