Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kelas V SDN 078 /I Teluk Ketapang

Authors

  • Suci Okta Mela Dwisa Universitas Jambi
  • Maryono Maryono Universitas Jambi
  • Muhammad sholeh Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4679

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan bertujuan untuk mengetahui penggunaan media konkret untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN.078/I Teluk Ketapang pada Januari 2022. Data penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran, wawancara guru, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media konkret pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklsus I pertemuan pertama sebanyak 48.85%, siklus I pertemuan kedua 67.5% dengan peningkatan sebanyak 18.65%. Pada siklus II pertemuan pertama 76.92% dengan peningkatan 9.42% dan pertemuan kedua sebanyak 83.08% mengalami peningkatan sebanyak 6.16%. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan proses pembelajaran dikelas, sehingga keaktifan belajar dikelas juga ikut meningkat, guru disarankan agar dapat menggunkana media pembelajaran dalam proses pembelajaran berlangsung, agar siswa dapat tertarik dan minat dalam mengikuti proses pembelajan.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Dwisa, . S. O. M. ., Maryono, M., & sholeh, M. . (2022). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kelas V SDN 078 /I Teluk Ketapang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1036–1045. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4679