Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD

Authors

  • I Kadek Surya Adywinata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4172

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar berlangsung. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran komik digital berbasis pendidikan karakter. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi mata pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan 12 orang siswa kelas V SD Negeri 28 Dangin Puri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui penilaian validator, produk pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter memperoleh skor sebesar 97,50% oleh ahli isi materi, hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 97,50% dengan kualfikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 97,50%, hasil dari uji coba perorangan sebesar 92,50% dan hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 95,27% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi produk, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis pendidikan karakter layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk  kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Adywinata, I. K. S. ., & Wiyasa, I. K. N. . (2022). Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 480–489. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4172