Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4172Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar berlangsung. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran komik digital berbasis pendidikan karakter. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi mata pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan 12 orang siswa kelas V SD Negeri 28 Dangin Puri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui penilaian validator, produk pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter memperoleh skor sebesar 97,50% oleh ahli isi materi, hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 97,50% dengan kualfikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 97,50%, hasil dari uji coba perorangan sebesar 92,50% dan hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 95,27% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi produk, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis pendidikan karakter layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas V Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-04-26
How to Cite
Adywinata, I. K. S. ., & Wiyasa, I. K. N. . (2022). Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 480–489. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4172
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Kadek Surya Adywinata, I Komang Ngurah Wiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).