Gambaran Literasi Digital Pada Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4485Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran literasi digital dalam masa pandemic covid 19. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikolog UNM yang bersedia menjadi subjek penelitian.Sampel dalam penelitian ii berjumlah 76 orang mahasiswa yang bersedia menjawab pertanyaan. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan angket melalui googleform.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan 100% subjek menggunakan aplikasi dalam mencari informasi terkait pembelajaran selama belajar daring di masa pandemic covid 19, 100% subjek menganggap aplikasi di era digital sangat membantu mahasiswa memperoleh informasi yang ingin dipelajarinya, 30% subjek menyatakan aplikasi digital menarik,30% subjek menyatakan manfaat aplikasi digital dapat memperoleh informasi atau berita cepat. Disisi lain, 100% subjek meyatakan aplikasi di era digital dapat memberi dampak negative meliputi 30% subjek menyatakan dapat memperoleh berita palsu atau hoaks, 40% menyatakan sulit mengatur waktu ketika menggunakan aplikasi digital.Downloads
Published
2022-06-02
How to Cite
Jalal, N. M. (2022). Gambaran Literasi Digital Pada Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 752–758. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4485
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Novita Maulidya Jalal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).