Gambaran Kedisiplinan Belajar Siswa di Masa Pendemi Covid 19

Authors

  • Novita Maulidya Jalal Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10753

Abstract

Proses pendidikan yang terus berjalan selama pendemi covid dengan transformasi dari tatap muka menjadi tatap maya melalui jaringan (daring) juga tidak terlepas dari keterbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari perilaku disiplin belajar pada siswa MTsN Kota Palopo di masa pandemic covid 19.. Proses penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif berupa penelitian survei. Sampel penelitiannya yaitu siswa MTsN Kota Palopo sejumlah 40 subjek. Teknik pengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berupa angket tertutup terkait kedisiplinan belajar siswa saat pandemic covid 19. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah uji deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa 52,5% siswa menyatakan setuju bahwa siswa tersebut tepat waktu dalam mengumpulkan tugas selama belajar di masa pandemic covid 19. Selanjutnya, terdapat 60% siswa disiplin dalam mempersiapkan diri sebelum belajar materi di masa pandemic covid 19. Selain itu, terdapat 56,3% siswa kedisiplinan siswa dalam membuat jadwal belajar di masa pandemic covid 19.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa MTsN Kota Palopo secara umum memiliki kedisiplinan belajar selama masa pandemic covid 19.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Jalal, N. M. . (2022). Gambaran Kedisiplinan Belajar Siswa di Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13388–13392. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10753