Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara Di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4347Abstract
Guru merupakan sosok sentral dalam pendidikan, dimana kepribadian yang ditampilkan oleh guru akan mempengaruhi pembentukan karakter siswa karena pada dasarnya siswa SD adalah peniru ulung dari setiap apa yang dilihatnya. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang unggul agar dapat membentuk karakter siswa yang baik sesuai tujuan pendidikan. Penelitian ini selanjutnya akan difokuskan pada pembentukan karakter disiplin siswa, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara di era pembelajaran new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto yang dilakukan di kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara dengan populasi yang terdiri dari 19 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotsesis yang dilakukan menggunakan uji regresi sederhana yang memperoleh hasil bahwa nilai F hitung sebesar 45,171 dengan taraf signifikansi < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap karakter disiplin siswa di SDN 01 Bugel Kedung Jepara. Adapun prosentase pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap karakter disiplin siswa setelah dilakukan uji koefisien determinasi adalah 72,7%Downloads
Published
2021-05-24
How to Cite
Thoyyibah, D. ., Choirin Attalina, S. N. ., & Widiyono, A. . (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 516–522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4347
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dzurriyatin Thoyyibah, Syailin Nichla Choirin Attalina, Aan Widiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).