Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Eni Amelia PGSD FTIK Unisnu Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina PGSD FTIK Unisnu Jepara
  • Aan Widiyono PGSD FTIK Unisnu Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan setelah diterapkan model kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif pada pembelajaran tematik. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Desain penelitian ini adalah Pre-Experimental Design menggunakan jenis Intact Group Comparison. Dua sampel peneitian ini yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. analisis nilai posttest menggunakan ui-t. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji-t yang menunjukkan t-hitung>t-tabel. yakni 4,641>1,706 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan perbandingan rata-rata nilai kelas eksperimen 82,46 sedangkan kelas kontrol 57,85. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif membuat siswa lebih termotivasi dan lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan.Kata Kunci: Model pembelajaran STAD, media manipulatif, hasil belajar siswa. AbstractThis study aims to determine: (1) the level of learning outcomes of fourth grade students at SDN 1 Telukwetan after the cooperative model of the Student Teams Achievement Division (STAD) type using manipulative media was applied in thematic learning. (2) the effect of the cooperative learning model type Student Teams Achievement Division (STAD) using manipulative media on the learning outcomes of fourth graders at SDN 1 Telukwetan. The subjects in this study were fourth grade students at SDN 1 Telukwetan. The design of this research is Pre-Experimental Design using the Intact Group Comparison type. The two research samples consisted of the experimental class and the control class. posttest score analysis using ui-t. The results of the t-test showed differences in learning outcomes in the experimental and control classes. The experimental class learning outcomes are higher than the control class learning outcomes. The results of the t-test showing t-count>t-table. namely 4.641> 1.706 so that H0 is rejected and Ha is accepted. With a comparison of the average value of the experimental class 82.46 while the control class 57.85. The application of the STAD learning model assisted by manipulative media makes students more motivated and more active in learning, so that the STAD learning model assisted by manipulative media has an effect on improving the learning outcomes of fourth grade students at SDN 1 Telukwetan..

Downloads

Published

2022-05-24

How to Cite

Amelia , E. ., Choirin Attalina, S. N. ., & Widiyono, A. . (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 542–548. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4341