Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Nur Afifah PGSD FTIK Unisnu Jepara
  • Aan Widiyono PGSD FTIK Unisnu Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina PGSD FTIK Unisnu Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4374

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi siklus air belum mencapai hasil optimal, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih belum menerapkan media yang tepat. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran diorama siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Tujuan penelitian lebih mendorong hasil tingkat kelayakan media diorama yang dibuat dan mengukur media diorama pada hasil belajar IPA materi siklus air di kelas V SDN Jinggotan Jepara. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Jinggotan dengan subjek yang berjumlah 22 siswa. Kevalidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media diorama dalam pembelajaran IPA, media yang dikembangkan terbukti valid berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli dan praktisi. Media pembelajaran juga dapat diterima siswa terbukti dengan respon siswa yang sangat antusias ketika proses pembelajaran berlangsung.

Downloads

Published

2022-05-24

How to Cite

Afifah, D. N. ., Widiyono, A. ., & Choirin Attalina, S. N. . (2022). Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 528–533. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4374