Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 193 Pekanbaru

Authors

  • Ninda Rahmawati Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran masa pandemic covid-19 Di SDN 193 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Pemanfaatan Media pembelajaran masa pandemi covid-19 sudah memanfaatkan media pembelajaran visual, audio dan audio visual. Lalu untuk langkah-langkah pemanfaatan media visual, audio dan audio visual guru sudah menggunakan langkah-langkah yang sesuai yaitu melihat RPP terlebih dahulu. Hambatan-hambatan dalam pemanfaatan media pembelajaran masa pandemi covid-19 yaitu kurangnya waktu, metode yang itu-itu saja dan fasilitas sekolah yang tidak mendukung yaitu kurangnya media pembelajaran. Solusi mengatasi hambatan dalam pemanfaatan media pembelajaran masa pandemi covid-19 untuk menghemat waktu guru harus membuat video yang durasi pendek sehingga guru juga bisa menjelaskan materi pembelajaran, lalu untuk penggunaan metode guru harus menggunakan metode yang bervariasi ataupun mengikuti pelatihan-pelatihan semacam pelatihan IT agar menambah wawasan tentang pemanfaatan media pembelajaran. Dan mengenai pembuatan media pembelajaran dan dana dalam pembuatannya, disesuaikan dengan kemampuan guru dan tidak perlu dipaksakan dengan dana yang besar.

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Rahmawati, N. ., & Dafit, F. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 269–274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4042