Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 193 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4042Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran masa pandemic covid-19 Di SDN 193 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Pemanfaatan Media pembelajaran masa pandemi covid-19 sudah memanfaatkan media pembelajaran visual, audio dan audio visual. Lalu untuk langkah-langkah pemanfaatan media visual, audio dan audio visual guru sudah menggunakan langkah-langkah yang sesuai yaitu melihat RPP terlebih dahulu. Hambatan-hambatan dalam pemanfaatan media pembelajaran masa pandemi covid-19 yaitu kurangnya waktu, metode yang itu-itu saja dan fasilitas sekolah yang tidak mendukung yaitu kurangnya media pembelajaran. Solusi mengatasi hambatan dalam pemanfaatan media pembelajaran masa pandemi covid-19 untuk menghemat waktu guru harus membuat video yang durasi pendek sehingga guru juga bisa menjelaskan materi pembelajaran, lalu untuk penggunaan metode guru harus menggunakan metode yang bervariasi ataupun mengikuti pelatihan-pelatihan semacam pelatihan IT agar menambah wawasan tentang pemanfaatan media pembelajaran. Dan mengenai pembuatan media pembelajaran dan dana dalam pembuatannya, disesuaikan dengan kemampuan guru dan tidak perlu dipaksakan dengan dana yang besar.Downloads
Published
2022-04-08
How to Cite
Rahmawati, N. ., & Dafit, F. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 269–274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4042
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ninda Rahmawati, Febrina Dafit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).