Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas V di SDN 48 Pekanbaru

Authors

  • Dea Putri Anandari Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3950

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membangun karakter disiplin siswa kelas V Di SDN 48 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif.. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah guru menjadi teladan bagi siswa baik didalam kelas maupun diluar kelas. Kendala yang dihadapi guru dalam membangun karakter disiplin siswa kelas VA adalah walaupun dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda, ada siswa yang patuh terhadap kewajibannya dan ada yang bahkan tidak perduli. Solusi yang dilakukan guru dalam membangun karakterdisiplin siswa kelas VA yaitu, memaksimalkan kemampuan guru, mengadakan rapat dan meningkatkan komunikasi digrup wali kelas dengan wali murid.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Dea Putri Anandari, & Siti Quratul Ain. (2022). Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas V di SDN 48 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 122–128. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3950