Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Secara Daring Di SDN 170 Pekanbaru

Authors

  • Christin Natalita Ginting Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3696

Abstract

Masalah dalam penelitian ini terjadi pada saat pembelajaran daring, guru kurang menguasai materi, guru kurang mewujudkan kreatifitasnya dalam mengajar, guru harus memanfaatkan waktu yang begitu singkat dalam pembelajaran sehingga hal tersebut membuat hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran secara daring di SDN 170 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan kinerja nya dalam merencanakan pembelajaran seperti melengkapi silabus dan RPP, merumuskan indikator, tujuan, materi, model dan langkah-langkah pembelajaran, serta menyusun lembar penilaian; guru telah menerapkan kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran seperti melakukan kegiatan pembuka, inti dan penutup pembelajaran; guru juga telah menerapkan kinerjanya dalam mengevaluasi pembelajaran seperti melakukan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut terjadi dikarenakan karena adanya peran kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Christin Natalita Ginting, & Siti Quratul Ain. (2022). Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Secara Daring Di SDN 170 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 345–350. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3696