Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Secara Daring Di SDN 170 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3696Abstract
Masalah dalam penelitian ini terjadi pada saat pembelajaran daring, guru kurang menguasai materi, guru kurang mewujudkan kreatifitasnya dalam mengajar, guru harus memanfaatkan waktu yang begitu singkat dalam pembelajaran sehingga hal tersebut membuat hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran secara daring di SDN 170 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan kinerja nya dalam merencanakan pembelajaran seperti melengkapi silabus dan RPP, merumuskan indikator, tujuan, materi, model dan langkah-langkah pembelajaran, serta menyusun lembar penilaian; guru telah menerapkan kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran seperti melakukan kegiatan pembuka, inti dan penutup pembelajaran; guru juga telah menerapkan kinerjanya dalam mengevaluasi pembelajaran seperti melakukan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut terjadi dikarenakan karena adanya peran kepala sekolah terhadap kinerja guru.Downloads
Published
2022-02-15
How to Cite
Christin Natalita Ginting, & Siti Quratul Ain. (2022). Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Secara Daring Di SDN 170 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 345–350. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3696
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Christin Natalita Ginting, Siti Quratul Ain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).