Profil Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Authors

  • Arif Widodo Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
  • Dyah Indraswati Universitas Mataram
  • Linda Feni Haryati Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Ashar Pajarungi Anar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3895

Abstract

Membaca merupakan salah satu bagian dari literasi yang paling mendasar. Permasalahan literasi dasar harus dituntaskan sebelum dilakukan pembelajaran lebih jauh. Jika aspek literasi masih mengalami kendala dapat dipastikan pembelajaran pada level berikutnya akan mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan membaca siswa selama pandemi ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Subjek penelitian adalah siswa di sekolah dasar. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 78 siswa. Responden siswa laki-laki sebanyak 31 siswa sedangkan reponden siswa perempuan sebanyak 47 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan membaca. Hasil survei menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa perempuan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa laki-laki. Siswa perempuan yang telah lancar membaca mencapai 53.19%, sedangkan siswa laki-laki hanya 38.71%. Jumlah siswa laki-laki yang tidak dapat membaca/belum mengenal huruf sebanyak 12.90%, sedangkan pada siswa perempuan hanya 4.26%. Disamping faktor kematangan psikologis yang berbeda, beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab siswa laki-laki mengalami kesulitan membaca antara lain perilaku belajar, etos belajar, tanggungjawab belajar dan kemandirian belajar yang kurang baik pada siswa laki-laki.

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Widodo, A., Indraswati, D., Haryati, L. F. ., Syazali, M. ., & Anar, A. P. . (2022). Profil Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3895

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2