Perbedaan Kecenderungan Nomophobia Berdasarkan Jenis Kelamin, Kelas, Dan Jurusan Pada Siswa

Authors

  • Santi Yovita Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ima Fitri Sholichah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3870

Abstract

Kepemilikan smartphone pada remaja sudah menjadi hal yang lumrah dilihat, akan tetapi masih banyak remaja kurang bijak dalam penggunaan smartphone. Penggunaan smartphone yang berlebihan rentan terjadi masalah kecanduan terhadap smartphone, apabila tidak diimbangi dengan kontrol. Hal ini dapat menimbulkan rasa kecemasan atau kekhawatiran yang berlebihan ketika berada jauh dari smartphone yang biasa disebut nomophobia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecenderungan nomophobia berdasarkan jenis kelamin, kelas, dan jurusan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 110 siswa dengan menggunakan teknik sampel incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala N-MPQ yang terdiri dari 20 item. Analis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test, uji Kruskal Wallis, dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini ditolak (p > 0.05). Hal ini berarti tidak menunjukkan perbedaan kecenderungan nomophobia berdasarkan jenis kelamin, kelas, dan jurusan. Subjek berada dalam kategori sedang dalam kecenderungan nomophobia. Kata Kunci: nomophobia, jenis kelamin, kelas, jurusan, siswa

Downloads

Published

2022-03-09

How to Cite

Santi Yovita Sari, Ima Fitri Sholichah, & Awang Setiawan Wicaksono. (2022). Perbedaan Kecenderungan Nomophobia Berdasarkan Jenis Kelamin, Kelas, Dan Jurusan Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 63–67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3870