Analisis Tingkat Kepuasan Belajar Mahasiswa Jurusan Biologi di IAIN Kerinci Selama Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3707Abstract
Dampak pandemi covid-19 cukup luas, salah satunya pada bidang pendidikan. Kebijakan physical distancing yang diterapkan untuk menekan persebaran virus Covid-19 merubah kegiatan pembelajaran dari metode tatap muka ke motode pembelajaran online. Kepuasan mahasiswa dalam menerima pembelajaran juga bervariasi. Oleh sebab itu, kepuasan mahasiswa mempengaruhi kualitas pembelajaran di kampus. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan belajar mahasiswa jurusan biologi di IAIN Kerinci selama pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Populasi pada penelitian ini mahasiswa angkatan 2018-2020 Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci sebanyak 198 mahasiswa yang aktif kuliah dan Sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 68 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling (secara acak). Data diperoleh dengan cara menyebar angket kepada responden yang berisi item pernyataan dengan menggunakan skala likert. Pengisian kuesioner dilakukan melalui Google Form. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan belajar mahasiswa jurusan tadris biologi IAIN Kerinci terdiri 5 kategori kategori yaitu empati, kemudahan, kehandalan, wujud dan keyakinan. Persentase rata-rata kelima kategori tersebut yakni empaty (empati) sebesar 71,03 %, Ease to use (kemdahan) sebesar 58,6, Reliabelity (kehandalan) sebesar 36,43 % , Tangible (wujud) 41,4 % dan Assurance (keyakinan) sebesar 65,67%. Oleh karen itu, rata-rata tingkat kepuasan mahasiswa biologi belajar daring selama pandemi Covid-19 berada dalam kategori cukup puasDownloads
Published
2022-02-18
How to Cite
Desin Monotia Putri, Betaria Putra, & Bahrum. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Belajar Mahasiswa Jurusan Biologi di IAIN Kerinci Selama Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 376–382. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3707
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Desin Monotia Putri, Betaria Putra, Bahrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).