Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3352Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah. Penelitian merupakan jenis penelitian eksperimen (exsperiment research). Populasi dalam penelitian berasal dari mahasiswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah yang berjumlah 33 orang. Sampel penelitian berasal dari kelas kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-T. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi dalam pembelajaran biologi dikelas XI IPA MAS Koto Rendah diperoleh rata-rata sebesar 82.29 dengan standar deviasi 9.506, 2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media animasi dalam pembelajaran biologi dikelas XI IPA MAS Koto Rendah diperoleh rata-rata sebesar 68.55 dengan standar deviasi 6.642, 3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi dalam pembelajaran biologi kelas XI IPA MAS Koto Rendah dengan nilai uji-T sebesar 0.00 < 0.05Downloads
Published
2022-01-11
How to Cite
Aldi Jasmanto, Betaria Putra, & Novi Novrita. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 66–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3352
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aldi Jasmanto, Betaria Putra, Novi Novrita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).