Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas X B SMK Al-Falah Sumber Wetan Kota Probolinggo

Authors

  • Alifia Wahyuni Choirun Nisa Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ravina Wijayati Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3521

Abstract

Dalam menerapkan metode belajar pendidik dituntut mampu menyesuaikan antara objek yang diajarkan, metode yang digunakan, dan materi yang disampaikan karena hal tersebut akan mempengaruhi proses pembelajaran serta keberhasilan peserta didik. Semakin efektif metodenya, diharapkan akan semakin efektif pula pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan sampel siswa kelas X B SMK Al-Falah Sumber Wetan Kota Probolinggo. Adapun instrumen yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar berbentuk tes isian dan tes pilihan ( a, b, c, d, e). Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode diskusi mempengaruhi hasil belajar PAI di setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu 17,4%, kemudian pada siklus pertama naik menjadi 60,87%, dan dilanjut siklus kedua meningkat lagi menjadi 86,96%. Dengan demikian terbukti bahwa implementasi metode diskusi pada pembelajaran PAI di kelas X B SMK. Al-Falah Sumber Wetan Kota Probolinggo berjalan efektif dengan hasil belajar peseerta didik yang meningkat signifikan.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Alifia Wahyuni Choirun Nisa, Ravina Wijayati, & Devy Habibi Muhammad. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas X B SMK Al-Falah Sumber Wetan Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 203–213. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3521