Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Mapel PAI Melalui Kajian Kitab Salaf Di SMK Raudlatul Malikiyyah Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3520Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran mapel PAI dengan menggunakan kajian kitab salaf atau kitab kuning. Subyek penelitian ini yaitu kelas 2 SMK Raudlatul Malikiyyah Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan termasuk dalam ruang lingkup penelitian terapan yang menggabungkan antara pengetahuan, penelitian dan tindakan. Penelitian ini menggunakan dua siklus masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen pada kondisi awal. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penggunaan kajian kitab salaf dalam pembalajaran mata pelajaran PAI memberikan peningkatan siswa MA. Riyadlus Sholihin kota Probolinggo dalam memahami mata pelajaran tersebut. Dalam kondisi Awal hanya mencapai 52%, maka pada siklus I meningkat menjadi 90% dan pada siklus II meningkat 95%. Dari hasil analisis data mengenai pembelajaran kajian kitab salaf untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI di SMK Raudlatul Malikiyyah, melalui kajian kitab salaf yaitu: Belajar dengan menggunakan materi tambahan dari kitab salaf untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Sedangkan kekurangannya adalah pada pembelajran ini seorang guru PAI dituntut untuk mampu membaca kitab kuning atau kitab salaf sebagai bahan ajar tambahan.Downloads
Published
2022-01-27
How to Cite
Anwar Sholeh, M.Basori Alwi, & Ari Susandi. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Mapel PAI Melalui Kajian Kitab Salaf Di SMK Raudlatul Malikiyyah Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 195–202. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3520
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anwar Sholeh, M.Basori Alwi, Ari Susandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).