Analisis Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Districk Oecussie Negara Republic Democratik Timor Leste (NRDTL)

Authors

  • Wilfridus taus Universitas Timor
  • Anita Lassa Universitas Timor
  • Nikolaus Uskono Universitas Timor
  • Maria Yovita Luti Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3458

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi memerlukan modal besar berupa investasi yang akan digunakan untuk memperkuat usaha kecil menengah masyarakat di daerah perbatasan. Selain investasi, faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah sumber daya manusia. Pertumbuhan penduduk yang tinggi apabila tidak disertai dengan ketersediaan lapangan pekerjaan akan menyebabkan peningkatan jumlah pengangguran. Tujuan penelitiannya untuk Menganalisis Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Daerah Perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Districk Oecussie Negara Republic Democratik Timor Leste (NRDTL). Metode penelitian yang digunakan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, sedangkan sumber data penelitian ini adalah: data primer dan data sekunder.  Hasil penelitian dan pembahasan di atas peneliti dapat menyimpulkan beberapa point, diantaranya; Upaya masyarakat Bikomi Utara untuk berwirausahaa perlu di dukung dan ditingkatkan sebab pendapatan masyarakat selalu, pola perencanaan pembangunan di bidang ekonomi di perbatasan belum menjadi prioritas, dan pola atau cara dan jenis usaha yang telah dilakukan sebelumnya telah dialihkan ke jenis usaha sembako sebab jenis usaha ini dianggap lebih mempercepat perputaran ekonomi.

Downloads

Published

2022-01-23

How to Cite

Wilfridus taus, Anita Lassa, Nikolaus Uskono, & Maria Yovita Luti. (2022). Analisis Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Districk Oecussie Negara Republic Democratik Timor Leste (NRDTL). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 118–131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3458