Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendidikan Kecakapan Kerja Di LKP Inka Kabupaten Wonosobo

Authors

  • Ragil Fauzi Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Muarifuddin Muarifuddin Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.19708

Abstract

Kabupaten Wonosobo terletak di Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu wilayah yang menghadapi berbagai tantangan, seperti tingkat kemiskinan yang signifikan, tingkat pendidikan yang masih perlu ditingkatkan, dan keterampilan masyarakat yang belum mencukupi untuk berdaya saing dalam sektor usaha dan industri. Tujuan penelitian ini untuk melihat proses pemberdayaan masyarakat melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) di LKP Inka Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemberdayaan masyarakat pada tahap penyadaran yang meliputi kegiatan sosialisasi dan pemberian motivasi untuk meningkatkan pengetahuan awal terkait program dan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka, kemudian tahap transformasi kemampuan yang meliputi pelatihan tatabusana level II dengan pemberian teori dan praktik, ketenaga kerjaan dan pendidikan karakter. Selanjutnya tahap peningkatan kemampuan yang dilakukan untuk memperkuat potensi warga belajar yang mengantarkan pada kemandirian, LKP melakukan penyaluran kerja dan magang dengan mitra yang sudah bekerja sama sehingg sekarang warga belajar sudah memiliki pekerjaan.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Fauzi, R. ., & Muarifuddin , M. . (2023). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendidikan Kecakapan Kerja Di LKP Inka Kabupaten Wonosobo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6082–6090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.19708