Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendidikan Kecakapan Kerja Di LKP Inka Kabupaten Wonosobo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.19708Abstract
Kabupaten Wonosobo terletak di Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu wilayah yang menghadapi berbagai tantangan, seperti tingkat kemiskinan yang signifikan, tingkat pendidikan yang masih perlu ditingkatkan, dan keterampilan masyarakat yang belum mencukupi untuk berdaya saing dalam sektor usaha dan industri. Tujuan penelitian ini untuk melihat proses pemberdayaan masyarakat melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) di LKP Inka Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemberdayaan masyarakat pada tahap penyadaran yang meliputi kegiatan sosialisasi dan pemberian motivasi untuk meningkatkan pengetahuan awal terkait program dan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka, kemudian tahap transformasi kemampuan yang meliputi pelatihan tatabusana level II dengan pemberian teori dan praktik, ketenaga kerjaan dan pendidikan karakter. Selanjutnya tahap peningkatan kemampuan yang dilakukan untuk memperkuat potensi warga belajar yang mengantarkan pada kemandirian, LKP melakukan penyaluran kerja dan magang dengan mitra yang sudah bekerja sama sehingg sekarang warga belajar sudah memiliki pekerjaan.Downloads
Published
2023-02-28
How to Cite
Fauzi, R. ., & Muarifuddin , M. . (2023). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendidikan Kecakapan Kerja Di LKP Inka Kabupaten Wonosobo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6082–6090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.19708
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ragil Fauzi, Muarifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).