Analisis Kesetaraan Gender Dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13433Abstract
Kesetaraan Gender menjadi isu perubahan paradigma sebagai bentuk ketidakadilan sosial dari hubungan jenis kelamin di dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan lingkup Organisasi Mahasiswa kampus. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan, keterciptaan, dan faktor yang mempengaruhi Kesetaraan Gender dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang periode 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif pendekatan survei, dengan kuesioner dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menyajikan hasil penelitian dalam bentuk presentase, tabel, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kesetaraan Gender dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi. Kepemimpinan telah menciptakan Kesetaraan Gender di organisasi, bahwa mahasiswa laki-laki dan perempuan telah merasakan dan menduduki jabatan sebagai ketua dan wakil di setiap Organisasi Mahasiswa. Terdapat 8 faktor yang mempengaruhi Kesetaraan Gender dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa, yaitu nilai-nilai pemimpin, kepercayaan terhadap anggota, komunikasi, minat, pengetahuan, kesamaan tujuan, struktur dan pola organisasi, dan pengaruh teknologi yang memberikan efek/pengaruh paling tinggi dibanding faktor lainnya. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa perempuan mampu menyelesaikan tugas, dan mematahkan stigma Kepemimpinan yang tidak lebih baik dari laki-laki.Downloads
Published
2023-04-02
How to Cite
Kartika, F. E. W. ., & Muarifuddin, M. (2023). Analisis Kesetaraan Gender Dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2441–2455. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13433
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Febriana Eka Wahyu Kartika, Muarifuddin Muarifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).