Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 1 GUNUNUNGSITOLI Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Lovertin Halawa Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18264

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNUNGSITOLI yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajarannya sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model saintifik dan model Konvesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif, Siswa kelas VIII-B di UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI terdiri dari dua kelas dimana kelas VIII-B dan VII -B. Kelas VIII berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Saintifik dan kelas VIII-B berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Konvesional. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian, secara spesifik disimpulkan bahwa rata – rata hasil belajar siswa pada pemberian tes akhir kelas eksperimen yaitu 75,69 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata – rata hasil belajar siswa yaitu 71,18. Hasil pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik yaitu Uji t independen diperoleh t tabel= 2,33 dan t hitung = 1,101 Karena t = 1,101 tidak terletak pada interval –1,983? t ? 1,983, maka tolak H0 terima Ha, Simpulan umum dapat disampaikan bahwa, ada perbedaan model pembelajaran santifik dan model pembelajaran konvesional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelasVII-B  UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI Tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Halawa, L., & Lase, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 1 GUNUNUNGSITOLI Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 832–840. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18264