Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Talenta kasih Gulo Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18129

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-B semester II Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran IPS terpadu.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) Angket, terdiri dari angket disiplin sebanyak 20 butir dan lingkungan belajar sebanyak 20 butir dan angket prestasi belajar siswa sebanyak 20 butir berdasarkan kisi-kisi angket. Angket ini dibuat berdasarkan Skala Likert, (2) dokumentasi/foto, (3) observasi. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dengan melihat berbagai rumusan masalah dan tujuan penelitian maka dapat dibuat suatu kesimpulan bahwa : Ada pengaruh disiplin dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022.2023. Hal ini ditunjukkan oleh adanya pengaruh terhadap prestasi belajar pada uji hipotesis fhitung = 5.695 > 3.403 untuk taraf signifikan 5% dengan ftabel =df2 (n-k-2) = f (2:24) = 3.403 sehingga berdasarkan kriteria pengujian yaitu fhitung > ftabel Maka dapat disumpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pengujian hipotesis pada uji t pada disiplin belajar (X1) diperoleh = 0,936, pada angket lingkungan belajar (X2) diperoleh = 0,848 dan angket pada prestasi belajar (Y) 0,772 dan dikonfirmasikan pada ttabel sebesar 0,388. Sehingga berdasarkan pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Gulo, T. kasih, & Lase, A. . (2023). Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 560–570. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18129