Implementasi Bauran Pemasaran Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17552Abstract
Lembaga pendidikan sekarang harus bersaing dengan lembaga-lembaga di bidang pendidikan lainnya untuk memberikan pelayanan dan program pendidikan yang terbaik dan paling berpotensi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan bauran pemasaran (mix marketing) dalam pemasaran jasa pendidikan di SMK Bismillah. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi di lokasi penelitian. Setelah itu data yang terkumpul, diuji keabsahanya yaitu dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji komfirmabilitas. Analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data/ Display, dan Verifikasi Data (Conclusions drowing/verifiying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) SMK Bismillah telah berhasil menerapkan strategi pemasaran jasa pendidikan dengan menggunakan bauran pemasaran. Hal ini dapat dilihat dari penerapan ketujuh bagian strategi pemasaran, yaitu Strategy Product, Strategy Price, Strategy Place, Strategy Promotion, Strategy People, Strategy Physical Evidence, dan Strategy Process. 2) Faktor pendkung dari implementasi bauran pemasaran strategi pemasaran jasa pendidikan di SMK Bismillah antara lain Strategi produk yang mengandalkan kompetensi keunggulan, penyelarasan kurikulum dengan dunia kerja, dan keunggulan serta output dari jurusan-jurusan yang ada di SMK Bismillah menjadi faktor pendukung yang kuat dalam menarik minat calon siswa. Dalam aspek sumber daya manusia, SMK Bismillah memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi dan berkualitas, sehingga memberikan pendidikan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. SMK Bismillah juga memastikan penggunaan kurikulum yang sesuai dengan standar nasional dan rekomendasi dari Kementerian Pendidikan Nasional. Secara keseluruhan, SMK Bismillah telah berhasil dalam mengimplementasikan strategi pemasaran jasa pendidikan melalui bauran pemasaran yang beragam dan efektif.Downloads
Published
2023-08-07
How to Cite
Juraerah , E. ., Fauzi, A. ., & Supardi, S. . (2023). Implementasi Bauran Pemasaran Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 291–303. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17552
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Erah Juraerah, Anis Fauzi , Supardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).