Implementasi Bauran Pemasaran Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan

Authors

  • Erah Juraerah UIN Sultan Hasanudin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Hasanudin Banten
  • Supardi Supardi UIN Sultan Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17552

Abstract

Lembaga pendidikan sekarang harus bersaing dengan lembaga-lembaga di bidang pendidikan lainnya untuk memberikan pelayanan dan program pendidikan yang terbaik dan paling berpotensi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan bauran pemasaran (mix marketing) dalam pemasaran jasa pendidikan di SMK Bismillah. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi di lokasi penelitian. Setelah itu data yang terkumpul, diuji keabsahanya yaitu dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji komfirmabilitas. Analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data/ Display, dan Verifikasi Data (Conclusions drowing/verifiying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) SMK Bismillah telah berhasil menerapkan strategi pemasaran jasa pendidikan dengan menggunakan bauran pemasaran. Hal ini dapat dilihat dari penerapan ketujuh bagian strategi pemasaran, yaitu Strategy Product, Strategy Price, Strategy Place, Strategy Promotion, Strategy People, Strategy Physical Evidence, dan Strategy Process. 2) Faktor pendkung dari implementasi bauran pemasaran strategi pemasaran jasa pendidikan di SMK Bismillah antara lain Strategi produk yang mengandalkan kompetensi keunggulan, penyelarasan kurikulum dengan dunia kerja, dan keunggulan serta output dari jurusan-jurusan yang ada di SMK Bismillah menjadi faktor pendukung yang kuat dalam menarik minat calon siswa. Dalam aspek sumber daya manusia, SMK Bismillah memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi dan berkualitas, sehingga memberikan pendidikan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. SMK Bismillah juga memastikan penggunaan kurikulum yang sesuai dengan standar nasional dan rekomendasi dari Kementerian Pendidikan Nasional. Secara keseluruhan, SMK Bismillah telah berhasil dalam mengimplementasikan strategi pemasaran jasa pendidikan melalui bauran pemasaran yang beragam dan efektif.

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Juraerah , E. ., Fauzi, A. ., & Supardi, S. . (2023). Implementasi Bauran Pemasaran Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 291–303. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17552