Konsep Dasar Organisasi Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14386Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara komprehensif terhadap konsep dasar organisasi pendidikan islam dalam pemberdayaan madrasah. Kajian dilakukan di perpustakaan dengan cara mengumpulkan dan menelaah buku-buku, jurnal, dan temuan-temuan kajian lain yang berkontribusi terhadap masalah penelitian. Dalam penelitian ini, ditemukan beberapa hal adalah sebagai berikut: Konsep pemberdayaan madrasah, konsep tersebut mencakup pengertian dan prinsip-prinsip pemberdayaan, tujuan dan manfaat pemberdayaan, serta tahapan-tahapan dalam menerapkan pemberdayaan di sekolah. Kepala sekolah harus memahami bagaimana cara memotivasi, mengarahkan, dan memfasilitasi guru, staf, serta siswa untuk terlibat dalam proses pemberdayaan madrasah. Pemberdayaan madrasah merupakan upaya yang dilakukan oleh seluruh komponen dan unsur madrasah yang dimungkinkan oleh ide-ide unggulan serta keberhasilan dan keberhasilan madrasah. Tujuan dari pemberdayaan ini adalah untuk menciptakan keberhasilan kelembagaan atau madrasah yang memerlukan keselarasan untuk menyatukan keputusan dan kontribusi serta keterampilan yang relevan untuk madrasah dan masyarakat. Pemberdayaan madrasah juga dapat dicapai dengan artikulasi visi dan misi sekolah yang jelas, terciptanya lingkungan sekolah yang komunikatif dan ramah, serta dorongan dan bimbingan guru dan siswa untuk bekerjasama dan berpartisipasi aktif, meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat kemandirian sekolah dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Pemberdayaan sekolah juga dapat dilakukan melalui pengembangan program dan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan, dan memperkuat kerjasama dengan pihak luar seperti orang tua, masyarakat dan pemerintah.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Mustantri, R. ., Fauzi, A. ., & Zohriah, A. . (2023). Konsep Dasar Organisasi Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5378–5389. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14386
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rosmi Mustantri, Anis Fauzi, Anis Zohriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).