Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Siswa SMP

Authors

  • Anggi Putri Yani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16916

Abstract

Kemampuan berpikir logis matematis ialah kemampuan yang wajib dibekali dalam mempelajari matematika. Namun kemampuan berpikir logis matematis sering kali dipengarui oleh berbagai aspek afektif. Kemandirian belajar ialah aspek afektif yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis matematis. Sehingga, tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk menelaah seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir logis matematis pada siswa, khususnya pada siswa SMP. Jenis penelitiannya ialah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasinya ialah semua siswa kelas 8 salah satu SMP di Karawang dan sampel yang dipakai ialah 37 siswa. Teknik pengumpulan datanya ialah dengan menyebarkan instrumen tes serta non tes. Instrumen tes memiliki bentuk uraian 2 pertanyaan sedangkan intrumen non tes berbentuk angket 20 pernyataan. Teknik analisis yang dilakukan ialah pengujian regresi sederhana. Akan tetapi sebelum melakukan pengujian regresi sederhana, uji normalitas serta linearitas terlebih dahulu dilakukan sebagai uji prasyarat. Sesudah uji prasyarat dilakukan dan terpenuhi, selanjutnya dilaksanakan uji regresi sederhana. Pengujian regresi sederhana dilakukan dengan bantuan Software IBM Statistic 25 For Windows. Setelah pengujian maka didapat hasil adanya pengaruh positif serta signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa SMP dimana diperlihatkan dari hasil sig. yang didapat dalam Software IBM Statistic 25 For Windows yaitu  dimana , Serta besar pengaruhnya adalah 11%, dengan dibuktikan dari nilai R Square dalam tabel model summary.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Yani, A. P. ., & Abadi, A. P. . (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6028–6034. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16916