Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viismpn 12 Kota Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur

Authors

  • Kristina Kunda Universitas Flores
  • Yuliana Yenita Mete Universitas Flores
  • Melania Priska Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Number Head Together terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Komba. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral dari Kemis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Popul?si d?l?m peneliti?n ini ?d?l?h sisw? kel?s VII B SMPN 12 Kot? Komb?, dan s?mpel peneliti?n berjuml?h 20 or?ng. Data yang diperoleh  dari sampel penelitian berupa nilai aktivitas belajar siswa. Analisis data diperoleh dari data observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas dengan menggunakan model Number Head Together(NHT). Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi siklus I pertemuan pertama sebesar 54% sedangkan pada pertemuan II siklus I sebesar 72%. Mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 85% sedangkan pertemuan kedua siklus II sebesar 96%.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Kunda, K. ., Mete, Y. Y. ., & Priska, M. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viismpn 12 Kota Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 280–288. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15579