Mengenal Provinsi di Indonesia Melalui Game Edukasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.14719Abstract
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya didalamnya. Keanekaragaman tersebut terdapat di berbagai wilayah yang ada di tiap provinsi dari Sabang sampai Merauke. Dibuatlah sebuah game edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses belajar anak sekolah kususnya siswa sekolah dasar kelas 5 dalam mempelajari materi tentang mengenal keragaman suku bangsa dan budaya di setiap provinsi Indonesia. Metode pengembangan dalam pembuatan game ini menggunakan metode waterfall yang dibagi menjadi lima tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, pengujian, dan pengoperasian. Hasil penerapan game edukasi mengenal provinsi-provinsi di indonesia ini menunjukan bahwa game dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari keragaman budaya di indonesia. Dengan harapan melalui media game semangat anak untuk belajar tentang budaya Indonesia akan lebih terpacu selain dari mempelajari materi yang diajarkan disekolah.Downloads
Published
2020-08-30
How to Cite
Yunita, H. ., Aku, F. A. ., & Angkasa, S. . (2020). Mengenal Provinsi di Indonesia Melalui Game Edukasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 260–265. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.14719
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Helda Yunita, Fajar Ahmad Aku, Seradi Angkasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).