Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble Di Kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam

Authors

  • Maulida Erika Universitas Negeri Padang
  • Hamimah Hamimah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14705

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kondisi ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik di kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Scramble di kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah 21 peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 85% (B) dan siklus II menjadi 94% (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 83% (B) dan siklus II 94% (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 83% (B), dan siklus II menjadi 91% (B), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 75 (C) dan siklus II 91 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Erika, . . M. ., & Hamimah, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble Di Kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 148–155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14705