Metode Kisah Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam

Authors

  • Ira Suryani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ulfa Hermaini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Cici Ramadhani Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amali Janani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Habib Munawir Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14412

Abstract

Berdasarkan situasi pendidikan saat ini, situasi pendidikan Indonesia saat ini jelas menunjukkan adanya kesenjangan yang terkait dengan masalah pendidikan. Bahkan, banyak anak laki-laki dan perempuan yang bosan dengan pendidikan Islam, sehingga mereka khawatir generasi penerus umat Islam akan kurang memahami Islam, yang dapat berdampak sangat buruk. Oleh karena itu, perlu adanya metode pembelajaran pendidikan Islam yang baru agar pendidikan Islam tetap terjaga dan tidak banyak generasi muda yang buta terhadap ilmu keislaman. karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk membahas apa itu metode bercerita, apa kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana konsepsi dari metode bercerita itu sendiri. Dalam penelitian ini, metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data dengan rangkaian kalimat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode deskriptif adalah metode yang sumber datanya adalah kata-kata, gambar dan data dari buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Selanjutnya, apa pun yang dikumpulkan kemungkinan besar akan menjadi kunci dari apa yang dicari. Hasil dari penelitian ini adalah metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat menjadi solusi dari masalah kebosanan di dalam kelas karena metode bercerita memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat membangkitkan semangat peserta, mampu mengarahkan emosi mereka, menghipnotis para peserta untuk merenungkan maknanya dan menanamkannya dalam jiwa.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Suryani, I. ., Hermaini, U. ., Putri, C. R. ., Janani, A. ., & Hasibuan, H. M. . (2023). Metode Kisah Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5468–5473. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14412

Most read articles by the same author(s)