Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Menyusun Proposal Rencana Bisnis Industri Maritim Pada Mahasiswa Prodi D4 Nautika Polimarin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14323Abstract
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Polimarin Jurusan Nautika Prodi D4 Nautika Semester V. Mahasiswa berjumlah 22 orang, terdiri atas 20 Mahasiswa Laki-laki dan 2 Mahasiswi Perempuan. Untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun proposal bisnis industri maritim dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode Project Based Learning (PBL). PTK dilakukan dengan dua (2) siklus, siklus pertama ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Pada siklus 1 keterampilan mahasiswa dalam menyusun proposal rencana bisnis industri maritim masih rendah dan baru ada dua kelompok yang memenuhi memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perolehan skor penilaian penulisan proposal nilai rata-ratanya 68%. Perolehan skor penilaian sikap menyusun proposal nilai rata-ratanya 69%. Perolehan skor penilaian Presentasi proposal nilai rata-ratanya 68%. Pada siklus 2 mahasiswa sudah memahami penerapan metode PBL dan menunjukkan proposal bisnis industri maritim yang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan evaluasi perolehan skor penilaian penulisan proposal nilai tertingginya 92%, nilai terendahnya 88% dan nilai rata-ratanya 90%. Perolehan skor penilaian sikap menyusun proposal nilai tertingginya 89% dan nilai terendahnya 84% dan nilai rata-ratanya 87%. Perolehan skor penilaian presentasi proposal nilai tertingginya 90% dan nilai terenda hnya 84% dan nilai rata-ratanya 88%. Dari hal pelaksanaan penelitian tindakan kelas, siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PBL dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa menyusun proposal rencana bisnis industri maritim.Downloads
Published
2023-04-26
How to Cite
Sirait, E. ., Sutantyo, E. ., Wantoro, W. B. ., & Susanti, S. (2023). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Menyusun Proposal Rencana Bisnis Industri Maritim Pada Mahasiswa Prodi D4 Nautika Polimarin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5117–5123. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14323
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Evi Sirait, Erwin Sutantyo, Widar Bayu Wantoro, Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).