Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Kalkulus Untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5444Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting yang dapat membantu kelancaran kegiatan pembelajaran. Dengan adanya bahan ajar dapat membantu mahasiswa untuk menjadi pembelajar mandiri dalam rangka mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kebutuhan bahan ajar yang perlu dikembangkan untuk mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Kimia Universitas Maritim Raja Ali Haji. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi kegiatan perkuliahan dan angket kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar Kalkulus yang disebar melalui link google form. Hasil observasi menunjukkan bahwa belum tersedia secara optimal bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Kalkulus. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar berupa buku ajar pada mata kuliah Kalkulus. Berdasarkan hasil observasi dan angket tersebut peneliti menyimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berupa buku ajar. Studi ini juga merupakan bagian dari studi awal pengembangan buku ajar sebagai bahan ajar pada mata kuliah Kalkulus di prodi Pendidikan Kimia Universitas Maritim Raja Ali Haji.Downloads
Published
2022-07-18
How to Cite
Fitriani, . R. ., & Susanti, S. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Kalkulus Untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5444
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rita Fitriani, Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).