Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14245Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pollung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Menurut sugiono (2017) bahwa metode kuantitatif adalah penelitian yang ada penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Karena penelitian ini berbentuk deskriftif kuantitatif, maka penulis hanya menggambarkan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post tes. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan meningkatnya hasil belajar murid pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dibutikan dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 76,5 dan kelas control 67,13. Persentase ketuntasan murid pada kelas eksperimen menunjukkan 76,66% yang lebih besar dari kelas control dengan persentase 50%. Hal ini menunjukkan keberhasilan pembelajaran pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Gaol, M. H. L. ., Simanjuntak, H. ., Darlin, K. M. . ., & Napitupulu, F. D. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4780–4788. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14245
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Maria Helmi Lumban Gaol, Hotmaida Simanjuntak, Kondios Mei Darlin Pasaribu, Fenty Debora Napitupulu
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).